Entri Populer

Senin, 14 Februari 2011

SALAFY (Pengantar)

Salafy adalah sebutan untuk umat Islam Ahlus Sunnah wal Jama'ah yang mengikuti ajaran Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam dengan pemahaman para Sahabat Radhiyallohu 'anhu (salaf). Atau sering disebut Islam sunni.

Standard cara memahami Al Quran dan Al Hadits diharuskan mengikuti pemahaman para sahabat-sahabat terbaik dari Rasulullohu Shallallohu 'alaihi wa Sallam karena mereka (para sahabat) inilah umat yang melihat dan mendengar langsung berbagai hal tentang ajaran beliau dan bagaimana cara beliau mengamalkan syariat Islam. Para sahabat Rodhiyallohu 'anhu melihat langsung' ini adalah suatu keadaan/kondisi dan posisi waktu yang tidak di miliki oleh umat Islam generasi setelahnya termasuk generasi kita sekarang ini (generasi modern kata orang-orang sekarang).

Alasan lain kenapa kita harus mengikuti pendapat para sahabat Radhiyallohu 'anhu adalah karena Baginda Rasulullohu Shallallohu 'alaihi wa Sallam telah menyampaikan bahwa Alloh Subhanahu wata'ala telah Ridlo dengan amalan-amalan mereka (para sahabat/salafus sholeh). Oleh karena itulah gelar mereka adalah Rodhiyallohu 'anhu/ha, yang secara otomatis mereka ini pasti masuk surga. Karena ini pulalah para sahabat Rasulullohu Shallallohu 'alaihi wa Sallam ini merupakan hamba Alloh yang bukan Nabi dan Rosul tetapi dijadikan oleh Alloh sebagai hamba terbaik setelah tidak diutusnya Nabi dan Rasul. Dan generasi setelahnya tidak ada yang dijamin masuk surga apalagi generasi kita sekarang (yang modern) ini.

Perlu diketahui bahwa Ajaran Islam yang mulia ini dibawa oleh mata rantai manusia-manusia terpercaya yang terbebas dari sifat-sifat suka berdusta, cerdas dari zaman ke zaman sampai kepada generasi sekarang ini. Inilah salah satu ciri betapa ajaran Islam ini sangat ilmiah dari segi metodologi keilmuan. Jadi memahami ajaran Islam melalui pemahaman para sahabat Radhiyallohu 'anhu ini merupakan prinsip pokok dalam Islam dan bukan suatu aliran Islam (sekte).

Jika ada orang bertanya, melalui apakah ajaran Islam ini sampai kepada kita? Tentu jawabannya adalah melalui ....(seperti uraian diatas tetunya) .
Jadi ajaran Islam ini sampai kepada kita tidak melalui mimpi yang kita alami, firman Alloh langsung kepada kita (itu sangatlah tidak mungkin), dan tidak pula bawaan sejak lahir. Inilah mengapa para sahabat radliyallohu 'anhu wajib kita libatkan dalam berislam atau memahami Islam.
Hal ini perlui disampaikan karena sangat seringnya terlihat di banyak tempat di Indonesia, para da’i Islam sering melupakan Rasulullohu Shallallohu 'alaihi wa sallam , para sahabat radliyallohu 'anhu, para ulama besar kita, dan malah mengutamakan pendapat dari buah pikirannya sendiri.

Jadi mirip dengan para pendeta, yang kitab-kitab (injil)nya memang tidak memiliki mata rantai periwayatan.

Di tempat pendidikan umum di dunia termasuk perguruan tinggi di Indonesia jika seseorang yang mendapatkan tugas dari seorang dosennya untuk mengadakan sebuah riset / penelitian ilmiah, maka jika ternyata dalam laporan hasil penelitian tersebut menggunakan rujukan buku maka harus disampaikan sumbernya yaitu judul buku dan pengarangnya. Ini prinsip ilmiah secara umum dan sudah mendunia. Dan ajaran Islam dalam menggunakan prinsip tersebut sudah merupakan keharusan karena melibatkan banyak manusia yang harus memenuhi persyaratan ilmiah (Islami) diantara persyaratannya adalah memiliki sifat jujur, tekenal terpercaya, ahli ibadah dan sebagainya dari generasi ke generasi.

Jadi Siapa saja menginginkan kenikmatan nyata yang abadi (di surga) dan takut azab neraka maka kita para manusia harus mencari ilmu Islam dengan tata cara seperti tersebut diatas.

* PENTING!!
Ilmu Islam adalah ilmu yang sangat tinggi kedudukannya dibabdingkan ilmu dunia semuanya. Kenapa?
Alasan pertama yaitu surga itu sangat mahal harganya atau bukan barang murahan, dan surga adalah kekayaan dan keindahan abadi. Dunia adalah alat untuk sampai ke surga dan bukan tujuan hidup.


WAKTU YANG PENDEK

Kehidupan manusia per individu ini benar-benar sangatlah singkat masa/waktunya, jadi janganlah menggunakan waktu di kehidupan ini dengan prinsip-prinsip yang tidak hak dan hanya basa basi.

Demikianlah kiranya sedikit penjelasan ini yang merupakan pengantar dalam mempelajari ILMU ISLAM yang paling tinggi kedudukannya ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.